Mesin Absensi Retina Mata (IRIS)



Pengertian Retina Mata

Mesin Absensi Xenio Iris

Retina adalah selaput tipis sel yang terletak dibelakang bola mata “Vetebrata dan Cephalopoda”. Retina merupakan bagian mata yang mengubah cahaya menjadi sinyal saraf.

 

Retina memiliki fotoreseptor (“Rods” dan “Cones”) yang menerima cahaya. Sinyal yang dihasilkan kemudian mengalami proses rumit yang dilakukan oleh neuron retina yang lain, dan diubah menjadi potensial aksi pada sel ganglion retina. Retina tidak hanya mendeteksi cahaya, melainkan juga memainkan peran penting dalam persepsi visual. Pada tahap embrio, retina dan syaraf otak berkembang sebagai bagian dari perkembangan luar otak.

Struktur retina manusia adalah 72% seperti bola dengan diameter sekitar 22 mm. Pada bagian tengah retina terdapat cakramoptik, yang dikenal sebagai “titik buta” (Blind Spot) karena tidak adanya fotoreseptor didaerah itu. Cakram optik terlihat sebagai area oval berwarna putih berukuran 3 mm2.

Mesin Absensi Retina Mata (IRIS)

Dengan adanya teknologi modern saat ini, retina mata manusia dapat digunakan sebagai alat untuk sensor absensi modern seperti Xenio Iris.

Xenio IRIS adlah mesin absensi karyawan yang paling efektif didunia saat ini. Efektif, tidah terkontak secara langsung, dan solusi higienis dalam memverifikasi identitas karyawan berdasarkan karakteristik retina mata mereka. Pemindaian retina melibatkan pengambilan gambar retina, gambar ini hanya digunakan untuk otentikasi. Karyawan hanya perlu berdiri didepan mesin Xenio Iris dan dalam waktu kurang dari 1 (satu) detik identitas mereka akan diverifikasi dengan baik. Pemindaian retina adalah bentuk paling akurat dalam mengidentifikasi individu didalam tempat kerja yang cukup banyak karyawannya.

Bagaimana Mesin Absensi retina (Iris) bekerja?

Xenio IRIS merupakan teknologi pemindaian retina untuk otentikasi identitas akurat tanpa perlu PIN (nomor) Password atau kartu. Berbasis teknologi Video memudahkan untuk mendaftar dalam waktu sekitar 2 detik, menghasilkan performa yang baik untuk karyawan.

Mekipun terminologi “Iris-scaning” sering digunakan ketika mengacu pada pemindaian retina, tidak ada alat scaning lain yang terlibat sama sekali. Teknologi Iris didasarkan pada pengenalan pola dan menangkap pola metodologi berdasarkan pada teknologi kamera video mirip dengan yang ditemukan pada camcorder biasa dalam elektronik konsumen. Proses pengambilan gambar tidak memerlukan pencahayaan terang atau mode close-up.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *